Manfaat & Etika dari sistem informasi

Jumat, 14 Oktober 2011


Bab. I
Pendahuluan

Sistem informasi sangat erat kaitannya dengan perkembangan dunia. Penggunaan komputer di pasar internasional saat ini sudah tidak terbatas. Masyarakat dunia adalah masyarakat berbasis komputer yang selalu menggunakan komputer baik dalam memecahkan permasalahan lokal, maupun dalam mengolah sumber daya.
Sistem Informasi adalah suatu sistem yang berbasis komputer dan menyediakan beberapa data informasi bagi para pemakai termasuk dalam suatu organisasi atau individu. Sedangkan sistem informasi manajemen adalah suatu sistem yang menyediakan informasi yang digunakan untuk mendukung suatu operasi, manajemen, serta pengambilan keputusan suatu organisasi. SIM juga dikenal dengan ungkapan lainya seperti ”sistem informasi”, ”sistem pemrosesan informasi”, ”sistem informasi”, dan ” pengambil keputusan”.

Namun disisi lain perkembangan teknologi informasi khususnya computer menimbulkan maslah baru, secara umum perkembangan teknologi informasi ini menggaggu hak privasi individu. Bahwa banyak sekarang penggunaan computer sudah diluar etika penggunaanya, misalnya : dengan pemanfaatan teknologi computer, dengan mudah seseorang dapat mengakses data dan informasi dengan cara yang tidak sah. Belum lagi ada sebagian orang yang memanfaatkan computer dan internet untuk mengganggu orang lain dengan tujuan sekedar untuk kesenangan atau hobinya.
Adapun fakta – fakta yang mengindikasikan bahwa mayoritas penjahat komputer adalah mereka yang masih muda, cerdas dan kebanyakan laki – laki. Kemampuan mereka dalam menerobos bahkan merusak sistem semakin maju, dengan perkembangan proteksi yang dibuat untuk melindungi sistem tersebut. Berbagi macam bentuk fraud mengiringi pemakaian sistem informasi semisal pembelian barang melalui internet dengan menggunakan kartu kredit bajakan. Manusia sebagai pembuat dan sekaligus pengguna sistem tersebut yang akhirnya menjadi factor yang sangat menentukan kelancaran dan keamanan sistem. Maka hal ini pula yang memunculkan unsur etika sebagai faktor yang sangat penting kaitanya dengan penggunaan sistem informasi berbasis komputer.

Selama tahun 1980-an dan awal tahun 1990-an, Perusahaan multinasional (multinational corporation – MNC) raksasa telah berhasil membangun sistem informasi global (global information systems – GIS). Semakin banyak sistem informasi yang berkembang di dunia, maka semakin banyak pula penyimpangan – penyimpangan yang terjadi, untuk itu masyarakat perlu memahami etika dalam sistem informasi serta manfaat-manfaatnya agar tidak terjadi penyalahgunaan sistem informasi.







Bab. II
MANFAAT & ETIKA DARI  SISTEM INFORMASI

2.1  Penggunaan Komputer di pasar Internasional
2.1.1 Model Perusahaan Multinasional
Perusahaan multinasional (multinational corporation – MNC) adalah perusahaan yang beroperasi melintasi berbagai produk, pasar, bangsa, dan budaya. MNC terdiri dari perusahaan induk dan sekelompok anak perusahaan. Anak-anak perusahaan tersebut tersebar secara geografis dan masing-masing mungkin memiliki tujuan, kebijakan dan prosedur sendiri. Dengan bentuk tersebut, MNC mungkin merupakan bentuk organisasi paling rumit yang keberadaannya saat ini meluas.
·         Strategi Bisnis Global
Strategi Multinasional
Strategi yang memberikan kebebasan lepada anak perusahaan untuk memenuhi dan mengembangakan produk, serta praktik mereka sendiri. Dengan ini sistim informasi memudahkan desentralisasi pengambilan keputusan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjgSCjDegznaWOG7CzSvyeccv8dO2O2CFWqBpVX-MOnkavuWzhulqV2NgXeDDAzL0dGUfnJO48T7IqIDa9h8rMgB4fIU1DKHEUkGOMq9hqPaK6_W0M7YeSx73iM4RfFiicDF_eZhIk7A1i0/s320/strategi+multinasional+copy.jpg
Strategi Global
Pengendalian berada di perusahaan induk dan produk – produk dipasarkan secara sentral.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjCBK0V_A7GKTwXznj7CYeUwpKPVsyGpG0p_6RzfvsCbsBOz56sfLKSGe_9VsVMzU-09DR0Xy3jGyer8wAUPmGLIM_GVPQCZCIltgl0H_Hcpy0EGfYVLpjMfq37fir3gGWozPIL_G75C6qJ/s320/strategi+global+copy.jpg
Strategi Internasional
Merupakan perpaduan sentralisasi strategi global dan desentralisasi strategi multinasional.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj06LPQiCOEfRm6rts4QkcpNr7_SREX6o57qRZA_O5kv6vc81mV1teT0kyKSzXUCgIz_68-_nUK9zocWW5HG_6VyWMtoEKRNXb-Z-08yW7rQNH8x0TKNha6on6eTLK9aMkOvLQxhDnDRB4X/s320/strategi+Internasional.jpg
Strategi Transnasional
Perusahaan induk dan anak bekerja sama untuk memformulasikan strategi untuk mencapai efisiensi dan integrasi global, serta fleksibilitas di tingkat lokal. Tanggung jawab utama berada pada pengelola database.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiy5QoEcweEsqJx48H7YdajSqhpA7UvMqCmjsIBx7Zvm2wbVeBDD3DavAOFCN6jlD7rnrInPa_G0muoGQ27sdHVi4IDa6Z65gZR8MN5zqtduilq30FmoFc4IVWgwi-7RFYva_wjoPFqZlg5/s320/strategi+transnasional.jpg



·         Strategi GIS(Global Information System)
GIS adalah suatu system yang terdiri dari jaringan – jaringan yang menembus batas – batas Negara.
Strategi Transnasional bagi penerapan GIS, antara lain:
1. Menghubungkan GIS dengan strategi bisnis,
2. Menentukan Sumber Daya Informasi,
3. Menyediakan pembagian data.


Daftar pustaka 

0 komentar:

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme